Mendekorasi ruangan memerlukan persiapan dan penataan yang tepat, khusus untuk dekorasi kamar bayi kita harus membuat suatu ruangan yang sangat aman dan nyaman. Pemilihan jenis material hingga perabotan memerlukan perhatian khusus, hal ini karena bayi atau balita sangat sensitif terhadap benda-benda serta disekitarnya, selain itu hal ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan sanga anak. Untuk melakukan penataan dan dekorasi yang tepat, terdapat banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan dengan mudah.

5 Tips Mendekorasi Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjadikan kamar bayi menjadi aman dan nyaman, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Pelapis Lantai

Untuk mendekorasi ruangan bayi hal yang paling utama adalah keamanan, hindarkan untuk meletakan benda-benda yang berbahaya di ruangan atau kamar bayi. Demi menambah kemanan pada kamar kita bisa menggunakan pelapis lantai seperti vinyl lantai, hal ini perlu dilakukan karena hampir setiap saat bayi akan banyak melakukan banyak kegiatan langsung di lantai, lantai yang tidak dilapisi pelapis akan menjadikan bayi mudah masuk angin dan terkena bakteri. Selain vinyl lantai kita juga menggunakan karpet. Bagi yang ingin menggunakan karpet atau vinyl lantai saat ini kita dapat menemukannya dengan mudah diberbagai daerah, harga jual vinyl lantai juga sangat beragam, bahkan di pasaran harga vinyl lantai murah sangat banyak ditawarkan. Meskipun demikian tetap pastikan untuk membeli jenis pelapis lantai yang berkualitas.

2. Sirkulasi Cahaya dan Udara yang Baik

Dalam ilmu kesehatan, manusia membutuhkan cahaya dan udara sebagai kelangsungan hidupnya, begitu pun dengan pertumbuhan dan kesehatan bayi, cahaya dan udara yang baik sangat diperlukan untuk kelangsungan hidupnya. Sebaiknya didalam kamar bayi gunakan lah jendela dan pentilasi udara yang mampu menjadikan sirkulasi cahaya dan udara berjalan lancar. Dengan demikian bayi akan sehat dan terhindar dari segala penyakit.

3. Pemilihan Perabotan yang Aman dan Berkualitas

Salah satu faktor penting dalam mendekorasi kamar bayi yaitu pemilihan furnitur atau perabotan yang aman dan berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa perabotan kamar bayi sangat beragam, mulai dari ranjang bayi, meja kursi, hingga rak dan pelapis lantai. Semua peralatan dan furnitur yang ada harus dipastikan memiliki kualitas yang baik serta aman untuk digunakan. Seperti penggunaan pelapis lantai yaitu karpet dan vinyl lantai, sebaiknya kita harus memilih jenis material yang aman untuk digunakan. Meskipun harga jual vinyl lantai dan karpet dibanderol dengan harga yang murah namun kualitas lah yang paling utama.

4. Penggunaan Warna dan Tema yang Ceria

Demi kenyamanan pada kamar bayi, sebaiknya hindari penggunaan konsep ruangan dengan warna-warna yang gelap. Usia balita merupakan saat-saat emas dimana sang anak akan terus berkembang dan mengasah kecerdasan serta kreativitas. Dengan konsep dan warna-warna yang cerah seperti biru langit, pink, atau kuning akan menciptakan suasana yang segar dan ceria, bila perlu kita bisa menggunakan wallpaper pada dinding dengan motif-motif yang inspiratif seperti gambar pesawat, gambar binatang, dan lain sebagainya. Dengan begitu kamar bayi akan sangat nyaman dan mampu mendorong anak untuk tumbuh dengan baik.

5. Hadirkan Aksesoris Bayi

Untuk menambahkan kesan lucu dan ceria kita bisa menghadirkan beberapa hiasan atau aksesoris pada kamar bayi. Pilihlah aksesoris yang sesuai untuk usianya, seperti lampu hias berbentuk boneka, hiasan bintang dan bulan yang menggantung di langit kamar, atau rak dengan boneka-boneka yang lucu. Dengan adanya aksesoris atau hiasan, bayi akan merasa semakin nyaman dan ceria. Namun jangan lupa untuk memilih jenis aksesoris yang aman dan tidak berbahaya untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *