Cara Mengaplikasikan Karpet Lantai Agar Ruangan Terlihat Luas

Ada beberapa fungsi karpet lantai untuk ruang keluarga dan ruang tamu, di antaranya sebagai penghangat suhu ruangan ketika diinjak, tempat lesehan ketika duduk bersama dengan keluarga, sebagai alas melapisi ubin, meminimalisir kerusakan ubin dan mencegah benda jatuh agar tidak pecah.

Untuk desain rumah minimalis, karpet tidak hanya diandalkan fungsinya, tetapi menjadi nilai estetika sendiri untuk desain interior ruangnya agar lebih sempurna. Bagaimana jika ruangannya kecil, apakah bisa menggunakan karpet? Pasti bisa, asalkan Anda paham beberapa trik tertentu untuk mengubah ruangan yang sempit terlihat lebih luas.

Simak tips dan trik berikut ini untuk menyulap ruangan sempit terlihat lebih luas, walaupun hanya menggunakan karpet biasa:

 

1. Cobalah pilih karpet dengan motif besar

Untuk ukuran kamar yang kecil, Anda tidak harus memilih karpet lantai kamar polos. Cobalah bereksperimen memilih karpet dengan motif yang besar. Nantinya, kamar Anda akan terlihat lebih luas. Lain halnya jika ukuran kamar kecil menggunakan karpet polos, justru akan terkesan sempit dan penuh.

Agar ruang tidur Anda tetap stylish, pilih karpet lantai kamar dengan corak dan warna yang sekiranya cocok diselaraskan dengan gordeng, warna cat dinding, dan motif sprei.

 

2. Sesuaikan luas ruangan dengan ukuran karpet

Sebelum membeli karpet, sebaiknya mengukur luas ruangan terlebih dahulu agar pas dengan ukuran karpet. Jangan sampai Anda membeli karpet, malah membuat ruangan terkesan sesak dan penuh. Intinya, ukuran karpet tidak menutupi lebih dari 50% luas ruangan. Namun, tidak juga terlalu kecil, sehingga membuat karpet tampak kurang seimbang dengan ruangan.

 

3. Pilih karpet yang cocok dengan tema ruangan

Sebelum memilih karpet lantai meteran atau jenis karpet lainnya, Anda harus memperhatikan tema ruangan. Jangan sampai, penutup ubin ini malah merusak tema ruangan yang ada. Jika ruangannya sempit, Anda tidak perlu mendekorasi ruangan tersebut dengan tema yang terlalu ramai. Cukup dengan tema sederhana dengan dominasi warna cat putih di seluruh bagian dindingnya.

Apabila furniture di ruangan tersebut beraneka macam warna, maka Anda bisa memilih karpet warna polos dan natural agar ruangan lebih netral.

 

4. Seimbangkan warna dan corak karpet

Warna dan corak karpet sangat menentukan kesan ruangan agar terlihat lebih luas. Perhatikan pula pencahayaan di dalam ruangan untuk menyesuaikan warna karpet yang akan dipilih. Apabila tingkat pencahayaan dirasa cukup terang, maka idealnya memilih warna karpet yang lembut seperti krem, putih, abu-abu, dan warna-warna muda.

Jika tidak cukup luas dengan penyesuaian di atas, buatlah ruangan tersebut agar terlihat lebih panjang. Caranya? Pilih saja motif karpet lantai dengan corak garis-garis memanjang. Pasti ruangan yang sempit akan terlihat lebih lapang.

 

5. Atur posisi karpet dengan furniture yang ada

Terakhir, Anda perlu mengatur posisi karpet dengan beberapa furniture di dekatnya. Dengan posisi yang pas, maka Anda pun akan lebih leluasa melangkah dan bergerak di dalam ruangan tersebut.

Untuk memudahkan dalam mengatur posisi furniture agar lebih fleksibel, Anda harus memastikan gaya dan corak karpet senada dengan warna furniture yang ada.

Dengan kelima tips dan trik di atas, ruangan sempit di rumah Anda akan terlihat lebih luas dan tentunya sangat nyaman. Agar karpet lantai benar-benar pas dengan luas ruangan, Anda bisa memilih karpet lantai meteran saja.

Itulah yang bisa kami informasikan kepada Anda. Jangan sampai lupa share artikel ini ke semua teman-teman Anda di sosial media, agar mereka tahu bagaimana cara yang benar menyulap ruangan sempit agar terlihat lebih luas.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *